pengikut

MEMBUAT TAS


Bahan dan alat yang di butuhkan.

1. 1 Set mesin jahit
2. Plastik kemasan yang sudah bersih.
3. Jarum Uk. 9-11 dan 16
4. Benang : Nilon dan senar andaria uk : 20-40
5. Perekat
6. Bisban (dalam beberapa ukuran)
7. Cutter
8. Penggaris
9. Gunting
10. Aksesoris lainnya








Porses Pebuatan


1. Pencucian.

Dalam proses pencucian ini harus benar benar bersih, apalagi kalau plastik yang kita dapatkan dari para pemulung yang tentunya sudah kotor.
Kita rendam dulu dengan menggunakan diterjen kurang lebih 1 jam biar kotoran larut. Setelah itu kita cuci kembali dengan mengunakan sabun pencuci piring (contohnya sunlight) biar benar-benar bersih dan kesat. Gosok dengan menggunakan kain atau spon. Kita pastikan sudah tidak ada kotoran yang menempel pada plastik, baik dari dalam maupun luar kemasan baru kita bilas dengan air yang bersih (bukan air yang kena sabun) lalu kita jemur sampai benar-benar kering.

2. Pemisahan Warna.

Setelah kering kita kumpulkan sambil kita pisahkan sesuai warna dan jenisnya.
Untuk mendapatkan design yang bagus kita harus bisa memilih dan memadukan warna dengan baik jangan asal gabung. Untuk lebih memudahkan itu, kita perlu memisahkan (mengelompokkannya) sesui warna dan jenis. Biar nanti dalam kita mendesign kita tinggal mengambil dari warna atau jenis kemasan yang sudah terpisah.

3. Pemotongan.

Proses selanjutnya adalah pemotongan. Tapi sebelum kita potong plastik kemasan tadi bisa kita lap dulu dengan menggunakan kain yang lembut (kain kaos) atau tissu biar warnanya bisa mengkilap. Setelah itu baru kita potong sesuai ukuran yang kita kehendaki. Untuk proses pemotongan kita bisa menggunakan cutter dan penggaris (kalo bisa pakai penggaris kaca). Untuk tatakan (alas) bisa langsung pada lantai keramik atau pakai kaca yang agak lebar dan tebal.

4. Menyambung ( jahit pertama)

Plastik yang telah dipotong disambung dengan dijahit sampai sepanjang ukuran yang kita kehendaki. Setelah jadi beberapa sambungan yang memanjang, kemudian kita sambung melebar sesuai ukuran design kita. Untuk menyambung melebar ini kita bisa disig-sag atau alur sejajar.
Pada proses ini (menyambung) kita lebih baik menggunakan senar (namanya senar andaria ukuran 20-40) atau benang juga bisa, untuk jarum pakai yang uk kecil : 9-11. Proses ini memang lumayan sulit, itu karena karakter plastik yang memang licin sehingga kita perlu hati-hati biar hasilnya bagus dan rajin.

5. Pola

Setelah plastik kita sambung dan gabungkan menjadi lembaran - lembaran, lalu kita ukur dan potong sesuai pola yang kita buat (menggunakan gunting). Kita siapkan juga semua perlengkapan dan aksesoris yang akan kita pasang, biar nanti kita lebih cepat dalam bekerja.

6. Finishing (jahit 2)

Inilah proses yang saya rasa paling sulit. Mulai dari proses pemasangan bisban, perekat sampai penggabungan bahan untuk membentuk sebuah tas dengan berbahan plastik yang lumayan licin kaku perlu dibutuhkan kesabaran, ketelatenan dan ketelitian. Agar hasil yang kita dapat bisa bagus, rajin dan menarik.

Pada proses ini sebaiknya menggunakan benang nilon atau benang biasa yang agak besar (benang jens). Untuk jarum kita pakai ukuran 14 -16.

Setelah selesai jangan lupa dicek (QC) siapa tau masih ada yang belum oke.


Selamat Mencoba


NB : Untuk pembuatan sandal atau produk lainnya sebenarnya prosesnya hampir sama semua, cuma untuk bahan pendukunngnya yang lain. Tapi menurut saya yang penting kita bisa menguasai dalam membuat satu jenis produk dengan baik, masalah jenis produk yang lain kita bisa mengembangkankannya sendiri.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More